KIJANG DIESEL KAPSUL LGX

Kenalan dulu bro dengan mobil tunggangan ane peninggalan ortu, namanya Kijang Kapsul Diesel LGX 2.4. Berikut penampakannya:

(foto diambil tahun 2008 lalu)

Ortu membeli Kijang Kapsul Diesel LGX 2.4. ini dengan harga seken tahun 2008 lalu dengan harga >Rp 125,000,000. Berhubung ortu demen banget dengan mobil kapsul, jadilah LGX Diesel yang usianya udah 7 tahun di atas jalanan ini dibeli dari toko mobil seken di Palembang. Awal beli memang gak ada masalah yang berarti, tapi enam bulan pemakaian, mulai banyak penyakit yang dirasa-rasa (resiko membeli mobil sekenlah). Penyakit yang dirasa sejak tahun 2008 sampai 2012 ini macam-macam bro.. sampai pusing kepala, hehehe…

  • Mobil Kijang Kapsul Diesel LGX 2.4.pernah diajak jalan-jalan sejauh 120 km, bolak balik, tiba-tiba semua lampu hidup sesaat terus mati. Parahnya, saya lagi pakai di malam hari, hampir semua lampu (lampu belakang, lampu sen kanan kiri, lampu interior dalam belakang, dan lampu kabut semua mati) untungya lampu depan masih hidup, dekat maupun jauh. Besok langsung dibawa berobat ke bengkel listrik, semua lampu diganti termasuk sekring dibawah dashboard mobil. Ternyata; masalahnya ada pada Voltage Regulator-nya alias Ket Out (Cut Out) mobil. Akhirnya, saya mengganti Ket-Out mobil; ada dua pilihan Ket Out yang bisa dipilih, Ket Out asli buatan NipponDenso seharga Rp 450 ribu atau Ket Out yang No.2 seharga 125 ribu. Berhubung saya males pake yang kawe, maka saya beli Ket Out NipponDenso. 

ket out

  • Setelah Cut Out Voltage Regulator diganti, tidak serta merta langsung jalan. Saat di starter mesin ngadat, selanjutnya mogok, namun lampu jalan dan lampu dashboard tetap hidup, klakson normal. Akhirnya mobil dibawa berobat ke tukang dinamo. Didapatkan diagnosis dari tukang dinamo adalah Penyebabnya: Cut Out masih baru dan belum disetel, tegangan pengisian aki mobil kurang sehingga perlu dilakukan perbaikan tegangan pengisian aki mobil. Setelah disetel, mobil bisa distarter sempurna.
  • Suatu ketika hujan deras, saya menyalakan wiper/ kipas hujan, tiba-tiba saat saya hendak mematikan wiper, wiper terus saja menyala sendiri. Akhirnya saya harus melepaskan sekring wiper yang berada dibawah dashboard mobil agar wiper bisa berhenti. Kemudian saya membawa ke ahli listrik dan diketahui bahwa tongkat pengatur kecepatan wiper hujan mengalami kontak sebagai sisa imbas serangan Voltage Regulator rusak tempo hari. Akhirnya saya harus membeli tongkat pengatur kecepatan wiper hujan yang baru seharga Rp 150 ribu. Setelah itu wiper sembuh total.

http://www.klikharry.com/2012/11/16/kijang-lgx-diesel-2-4-tahun-2000/

Tentang iklan-iklan ini

2 pemikiran pada “KIJANG DIESEL KAPSUL LGX

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s